langkah sederhana budidaya jamur tiram bagi pemula – Botbisnis Informasi Bisnis untuk Pemula

langkah sederhana budidaya jamur tiram bagi pemula

Budidaya jamur tiram merupakan salah satu usaha menjanjikan. Sebenarnya, budidaya jamur tiram tergolong mudah, namun harus dilakukan dengan benar. karenaTidak sedikit yang mengalami kegagalan.

langkah yang paling sederhana sebagai berikut:

Tahap Pertama, Anda harus membuat rumah kumbung sebagai tempat baglog.

Kumbung adalah sebuah bangunan dari kayu ataupun bambu, dindingnya dari papan juga atapnya dari genteng.

Bangunan kumbung berisi rak-rak bertingkat untuk meletakkan baglog. Bangunan tersebut harus memiliki kemampuan untuk menjaga suhu juga kelembaban.

Tahap Kedua, membuat media tanam yang terdiri dari bahan yang dikombinasikan menjadi satu.

Untuk membuat 100 kilogram media jamur tiram dibutuhkan 80 kilogram serbuk gergaji kayu, 10 sampai 15 kilogram bekatul juga 3 kilogram kapur.

Semua bahan-bahan tersebut aduk sampai merata, kemudian tambahkan air sekitar 60%. Untuk mengetahui jika air tercampur dengan baik, dengan langkah digenggam. Jika tidak keluar air juga apabila dilepas, tidak pecah.

Tahap Ketiga, menyiapkan Baglog, yaitu media tanam tempat meletakkan bibit jamur tiram. Baglog merupakan bugkus plastik berbentuk silinder, dimana salah satu ujunganya diberi lubang. Di lubang tersebut jamur tiram akan tumbuh keluar.

Tahap ke empat, setelah baglog siap, proses sterilisasi dapat dilakukan, yakni dengan langkah mengukusnya. Wadah pengukus paling sederhana yang dapat digunakan adalah drum. Satu drum dapat memuat sekitar 60 baglog. Prinsip kerja sterlisasi adalah memanfaatkan panas uap air pada suhu 95 hingga 110 derajat celcius dalam waktu 8 sampai 10 jam.

Tahap ke lima, adalah produksi jamur di rumah kumbung. Terdapat dua langkah menyusun baglog dalam rak, yakni Anda dapat meletakkan secara vertikal dimana lubang baglog menghadap ke atas. Serta secara horizontal, dimana lubang baglog menghadap ke samping.

Biasanya dalam 2 minggu sejak pembukaan baglog, jamur sudah mulau tumbuh juga sudah dapat dipanen. Baglog jamur dapat dipanen sebanyak 5-8 kali, jika perawatannya baik.

Ibu siswoyo, warga kelurahan semanding kecamatan semanding Kabupaten tuban Jawa Timur. sukses menggeluti usaha inilah sejak 3 tahun lalu dengan 2 orang karyawan. hanya menempati halaman rumahnya yang kosong. iapun terus mengembangkan usahanya dengan membangun 2 buah rumah kumbung. dari keuletannya tersebut kini usahanya telah berkembang hingga beromzet rata rata 2 koma 5 juta rupiah perbulan.

source
Bisnis Pemula

JOIN AND DOWNLOAD ALL PRODUCTS

Tags: , , , , ,

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *